9 Cara Bahagia di Tempat Kerja
My friend child – Tak
dapat dipungkiri, rutinitas pekerjaan seringkali menimbulkan rasa bosan.
Akibatnya, semangat kerja bisa berkurang dan pekerjaan pun
terbengkalai. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu menjadi benci dengan
pekerjaan yang sedang dijalani.
Demi bisa menghalau rasa bosan dan jenuh,
sebaiknya lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia ketika bekerja.
Apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisa bahagia di tempat kerja atau
kantormu?
1. Buat tempat kerja yang senyaman mungkin
Cara paling mudah adalah menciptakan
suasana dan kondisi yang nyaman di tempat kerja. Mulailah dengan menjaga
kebersihan dan mengusahakan meja kerja yang selalu rapi. Siapkan segala
perlengkapan yang kamu butuhkan selama bekerja, misalnya alat-alat
tulis, perangkat kerja tertentu, dsb. Tidak ada salahnya menyiapkan
camilan atau minuman ringan sebagai “teman” bekerja.
2. Jalin hubungan baik dengan teman-teman di kantor
Menciptakan suasana nyaman di tempat
kerja pun bisa dilakukan dengan cara menjalin hubungan yang baik dengan
rekan kerja. Jalin hubungan baik dengan atasan maupun teman-teman satu
tim. Berusahalah jadi pribadi yang menyenangkan, ramah, dan ringan
tangan.
3. Tinggalkan masalah pribadi di rumah
Rasa tidak bahagia saat bekerja bisa jadi
muncul lantaran adanya masalah pribadi yang mengganggu pikiran.
Sebaiknya, antara masalah pribadi dan pekerjaan di kantor tidak boleh
saling memengaruhi. Ketika berangkat ke kantor, cobalah untuk
meninggalkan sejenak masalah pribadimu.
4. Buat rencana kerja
Demi bisa maksimal bekerja, membuat rencana kerja sangat perlu dilakukan. Mulailah menyusun jadwal kerja atau to do list pada malam harinya. Tentukan apa saja yang harus dikerjakan esok hari dan pastikan untuk datang ke kantor lebih awal.
5. Fokuskan diri saat bekerja
Pekerjaan bisa berjalan sesuai rencana
asalkan kamu bisa fokus selama bekerja. Jangan biarkan hal-hal di luar
pekerjaan mendistraksi pikiranmu. Sejenak rehat untuk memeriksa
aktivitas di lini masa atau merilekskan pikiran dengan melihat video
lucu, tentu sah-sah saja. Namun, jangan sampai kegiatan-kegiatan
tersebut mengganggu produktivitasmu.
6. Munculkan rasa tanggung jawab
Pekerjaan bisa dijalani dengan maksimal
ketika kamu punya tanggung jawab terhadap pekerjaanmu sendiri. Rasa
tanggung jawab akan mendorong kinerjamu menjadi lebih baik sehingga akan
muncul rasa puas dalam diri sendiri.
7. Hindari pikiran negatif
Pikiran-pikiran negatif bisa saja muncul
dan mengganggu kinerjamu. Merasa tidak cukup kompeten dengan pekerjaan
yang sedang dijalani, menganggap diri sendiri tidak bisa maksimal
bekerja, atau merasa tidak memberi kontribusi yang cukup bagi
perkembangan perusahaan. Pikiran-pikiran semacam inilah yang sebaiknya
dihindari agar semangat kerjamu tidak semakin kendur.
8. Munculkan komitmen terhadap pekerjaan
Agar bisa menjalani pekerjaan sehari-hari
dengan bahagia, komitmen adalah salah satu modal utamanya. Saat kamu
sudah punya komitmen yang kuat, segala kesulitan yang dihadapi dalam
pekerjaan akan terasa sedikit lebih ringan.
9. Munculkan rasa cinta pada pekerjaan
Rasa cinta pada pekerjaan adalah faktor
utama yang bisa membuatmu menjalani pekerjaan dengan bahagia. Pastikan
bahwa pekerjaan yang saat ini sedang kamu jalani sudah sesuai dengan passion,
minat, atau pun bakatmu. Ketika sudah bisa mencintai pekerjaanmu
sendiri, maka hari-hari kerja bisa kamu jalani dengan bahagia.
No comments:
Post a Comment